Setahun sudah terlewati di negeri orang..

Udara dingin menjelang musim dingin da mulai terasa lagi.. suhu yang makin menurun disertai hujan rintik yang menambah dingin menyelimuti pagi ini di kota Aachen.. 8 derajat pagi ini, tapi kaki ini harus melangkah ke tempat cuci / waschsalon dengan 1 koper.. teringat sudah setahun yang lalu.. dengan menyeret koper yang sama, pertama kali kaki ini menginjak kota Aachen demi tugas penting.. menemani suami studi doctor disini..

05112013-noted

——————————————————————————————————————-

Dari akhir musim gugur ke akhir musim gugur lagi.. dan kemarin tahun baru Hijriah membuat diri ini makin mengintropeksi diri.. apa saja yang sudah didapat selama satu tahun di negeri orang.. hal yang baik kah atau masih banyak yang buruk? Kesulitan demi kesulitan pasti harus dihadapi, terutama kesulitan budaya dan bahasa ya.. Bagi saya pribadi yang belum punya kemampuan bahasa Jerman yang fasih, hal ini sangat memberatkan.. terlebih juga kenalan belum banyak saat itu.. Dengan bermodal keinginan tuk belajar juga diiringi do’a dari orang tua, keluarga dan kerabat semua itu akan mudah dihadapi, dengan ijinNya..

Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.. sesuai dengan Al Insyirah ayat 6.. walau sulit kadang tapi sebagai Muslimah saya mudah dikenal disini. Dengan berjilbab saya jadi mudah tuk disapa atau menyapa muslimah lainnya.. sungguh, ukhuwah Islam itu kuat.. misalnya tetangga kami sesama muslim yang berasal dari Turki tidak ragu tuk memberikan barang-barang yang layak dipakai, bahkan ikut mengangkut kursi tamu untuk kami.. sungguh suatu nilai ukhuwah yang tak bisa terbayar.. kami hanya baru bertemu, tapi ada yang mengikat bahwa kami sama-sama Muslim.. sudah sepatutnya nilai ini yang pertama kali saya ingat tuk selalu diamalkan ke yang lainnya.. Insya Allah

Tak pernah terbayangkan tuk bisa survive di negeri orang. Karena jujur ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di benua Eropa yang jauhnya ribuan kilo dari Indonesia.. dengan kuasaNya lah akhirnya kaki ini bisa melangkahkan kaki di benua Eropa dan tidak sendirian.. tapi ditemani suami dan anak-anak..Β  yah yang kadang sering buat diri tersenyum, jika saya tidak menikah dengannya mungkin saya belum tentu pergi sejauh ini.. buat info aja, saya anak bungsu yang paling sering dilarang pergi jauh sama orang tua saya.. bahkan tuk ikut kos saja tidak boleh. entah kenapa.. mungkin itu bentuk protektif orang tua saya kepada saya saat itu..hmm..jadi harus rela waktu saya tersita lama di jalanan Tangerang-Jakarta-Depok.. menjadi kenangan tersendiri kalau diingat-ingat πŸ™‚

Sekarang dengan jauhnya dari kemacetan, jarang makan sate dan minum air kelapa muda hijau (sedikit lebay).. tertanam rindu tanah air sangat.. ditambah dengan kabar ibunda yang saat ini kurang sehat rasanya ingin terbang kesana dan memeluknya.. Namun segera temui yang Maha Melindungi.. kutitipkan do’a dan rindu ini kepadaNya.. karena yakin semua ini sudah diaturNya.. tinggal kita yang menjalaninya harus sesuai dengan apa yang di perintahkanNya.. semoga ya..

hmm.. speechless.. moga memasuki tahun kedua dan di awal tahun 1435 Hijriah ini, kehidupan kami selama disini membawa berkah, manfaat tuk orang sekitar dan yang lainnya.. juga selalu tersusun do’a tuk keluarga kerabat di tanah air semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah.. aamiin..

salam rindu kami tuk keluarga di Indonesia,

Pose kami ber4 di stasiun Liege.. dimana si kecil sudah tak mau digendong lagi saat difoto :)

Pose kami ber4 di stasiun Liege.. dimana si kecil sudah tak mau digendong lagi saat difoto πŸ™‚

Foto kami baru saja tiba di stasiun Frankfurt dengan beberapa bawaan kami.. hehe :)

Foto kami baru saja tiba di stasiun Frankfurt tahun lalu dengan beberapa bawaan kami.. hehe πŸ™‚

dari Aachen πŸ™‚

Iklan

7 thoughts on “Setahun sudah terlewati di negeri orang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s